Investasi Saham US pakai Gotrade




Gak berasa nih, hampir setengah tahun saya mengenal Gotrade, sebuah aplikasi investasi saham US yang lagi naik daun. Jujurly, saya gak nyesel sama sekali pakai aplikasi ini dari beberapa bulan lalu. Kenapa? Saya bagikan beberapa alasannya, ya!

Bisa Beli Saham Luar Negeri 

Semenjak memulai investasi di saham-saham dalam negeri, kok saya pengen coba peruntungan di saham perusahaan dunia. Tiba-tiba punya keinginan beli saham Google, Facebook, Apple, Amazon, atau perusahaan-perusahaan top dunia lainnya.

Dulu, prosedurnya tergolong rumit bin mahal untuk berinvestasi saham di bursa AS. Mulai dari urusan membuka akun saham, saldo awal yang harus dipersiapkan (minimal ratusan juta gaes!), besaran fee dan pajak yang harus dibayar, serta tetek bengek lainnya.

Buat investor ritel bermodal cekak seperti saya, semua persyaratan itu membuat berinvestasi di bursa saham AS sekadar angan-angan. Entah kapan bisa terwujud.

Sebagai gambaran aja, sekuritas JP Morgan Chase hanya menerima pendaftaran dari WNI yang bertempat tinggal di AS. Atau kalau mau daftar di sekuritas Charles Schwab, setoran awal yang harus diberikan haruslah sebesar minimal $25.000. Hitung sendiri berapa rupiah itu.

Tapi itu cerita lama. Sekarang semua kerumitan juga semua yang serba mahal itu tinggal kenangan. Saya cukup instal Gotrade di smartphone, selesai perkara. Pendaftaran cukup dengan menjepret KTP dan selfi ganteng di aplikasi.

Modal cekak pun bukan lagi masalah. Karena dengan duit US$ 1 (SATU DOLAR) pun saya sudah bisa beli saham incaran. Duh, saya jadi senang bukan main dibuatnya.

Aplikasi yang Saya Banget

Sebagai hamba minimalis bin anti huru-hara mumet, secara tampilan, aplikasi ini saya banget. Bersih, mulus, dan jelas! Semua yang saya butuhkan sebagai investor pemula, ada di Gotrade. Cara deposit, beli, jual, dan natik dana ke rekening bank lokal juga sangat simple.

Deposit yang Murah Meriah

Pengen nangis gak sih pas daftar akun di perusaan efek, tapi kudu deposit jutaan rupiah. Lah, pemula kayak saya mana berani? Nah, di Gotrade ini, depositnya ramah di dompet! Awal daftar, cukup deposit $10 (sekitar Rp140 ribuan), saya udah bisa beli saham-saham perusahaan kelas dunia.

Beli Saham Mulai Rp14 Ribuan

Saat curhat ini saya tulis, saham Apple harganya $150-an per lembar. Satu lembar ya, bukan satu lot (100 lembar) seperti saham di Bursa Efek Indonesia.

Jika dirupiahkan harga saham Apple menjadi sekitar dua juta lebih. Dan itu belum seberapa tinggi. Coba lihat harga saham Facebook (FB) yang sebesar $361, Google (GOOG) seharga $2.761, atau saham Amazon (AMZN) seharga $3.320.

Dan inilah celah yang ditangkap oleh Gotrade. Mereka menawarkan pembelian fractional share. Alias membeli sebagian kecil dari lembar saham perusahaan tertentu. Cuilan saham. Gak utuh satu lembar.

Saham AAPL tadi sebagai contoh. Saya tetap bisa membeli meski cuma bermodal $10. Ini artinya saya akan mendapat bagian 6,89% dari selembar saham AAPL. Cuma beli USD 1 pun bisa. Tapi dapatnya cuma 0,689% dari selembar saham AAPL.

Hari ini, alhamdulillah, dengan disiplin dan rutin beli $10 per minggu, sekarang saya sudah punya beberapa lembar saham Apple. Begitu juga saham-saham lain, kayak Telsa, Google, dan Nvidia.

Bisa Beli ETF

Kadang saya juga bingung memilih emiten tertentu, akhirnya beli ETF (index fund yang diperjual belikan di bursa saham). Saya sendiri koleksi Vanguard S&P 500 ETF (VOO).

Aman Gak Sih?

Gotrade ini merupakan platform investasi saham luar negeri yang dirintis oleh TR8 Securities Inc awal 2021. Gotrade diregulasi oleh Labuan Financial Service and Securities Act 2010 di Malaysia, dengan Nomor Lisensi SL/20/0014. Saat ini Gotrade belum diawasi OJK dan beroperasi di 150 negara.

Meskipun tidak terdaftar di OKJ, berinvestasi di Gotrade cukup aman. Pasalnya, layanan Gotrade ini diawasi langsung oleh Labuan Finansial Services and Securities Act yang berbasis di Malaysia.

Lembaga atau badan tersebut juga memiliki peran yang sama dengan Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia. Dilansir dari situs resminya dijelaskan bahwa Gotrade juga mempunyai kliring broker di Amerika bernama Alpaca Securities LLC yang telah diawasi dan terikat regulasi dengan US Securities and Exchange Commision (SEC) dan Financial Industry Regulatory Authority (FINRA).

Dana yang dapat diproteksi oleh Gotrade yaitu mencapai US$500.000. Dengan demikian, perlindungan ini akan menjamin keamanan dana para investor apabila Gotrade tutup.

Cara Daftar Akun Gotrade

Sama kayak aplikasi investasi lainnya, untuk memulai investasi saham US lewat Gotrade, cukup download aplikasinya di Play Store atau App Store, instal, dan sign up. Siapin KTP, dan isi data dengan benar. Oh, ya, untuk yang baru daftar akun di Gotrade ada kesempatan mendapatkan hadiah saldo sebesar $3 apabila menginput invite token saat pertama kali daftar. Kalau kalian tertarik, bisa pakai kode saya ini:

  893676  

Atau, klik aja link ini untuk men-download Gotrade agar invite token untuk emngambil hadiahnya terinput otomatis. Lumayan lho, hadiah saldonya bisa dipakai buat beli saham Apple.

Selamat berinvestasi! Kalau bingung, jangan sungkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar, ya! Boleh juga hubungi saya lewat Instagram. :)

Baca juga:

Posting Komentar

0 Komentar