Kisah Perjalanan Tiga Kaleng Coke, Kita yang Mana?


Ilustrasi
Saya kembali gemar “ngadem” di Path. Path itu kesannya lebih seru aja dibanding Facebook yang ke sini-sini, kok, kesannya makin crowded. Ya, meski setiap kali share moment di Path, paling banter saya dapet 5 loves. *Nasib. Tapi bukan itu toh tujuan kita ber-Path ria? Sama seperti ketika main Fesbuk, di Path saya suka memperhatikan (Ternayata yang benar itu ‘memperhatikan’, bukan ‘ memerhatikan’. Rujukannya KBBI IV) kegiatan teman-teman saya di “jalanan sempit” (baca: Path). Ada yang lucu, seru, menyedihkan, mengerikan, dan yang saya suka ketika ada yang nge-share cerita-cerita inspiratif. Salah satunya kisah tentang perjalanan tiga kaleng coke di bawah ini, yang saya copas dari akun sahabat nge-Path saya, Kawula Banyu. 

***

Pada suatu hari, sebuah mobil distribusi coke datang untuk mengangkut minuman kaleng tersebut dengan tiga tujuan berbeda.

Pemberhentian pertama di Indomaret. Kaleng coke diturunkan, dipajang di rak, diberi label harga Rp4.000,00.

Kemudian, mobil melanjutkan perjalanannya, dan sampai di pemberhentian kedua, Sogo Super Store. Kaleng coke diturunkan, disimpan di kulkas, dijual Rp7.500,00.

Mobil terus berjalan, berhenti di pemberhentian ketiga, Hotel Sheraton. Kaleng coke diturunkan, tidak ditaruh di kulkas. Ketika ada yang memesan, baru coke dikeluarkan dari tempat penyimpannya bersama gelas kristal, ditambah es batu cube block. Pelayan meletakkannya di atas baki, mengantarkannya ke meja pemesan seraya membuka tutup kaleng coke dan menuangkan ke dalam gelas dengan sangat sopan dan hati-hati. Harga dibanderol Rp40.000,00.

Mengapa harga ketiga kaleng coke itu berbeda? Padahal ketiganya diproduksi di satu pabrik yang sama, diantar dengan mobil yang sama, kemasan pun sama, dan aroma serta rasanya juga sama.

Jawawabnya, lingkunganlah yang membedakannya.

Begitulah, ketika kita berada di lingkungan yang mendorong kita untuk berbuat baik, niscaya kita akan cemerlang. Sebaliknya, jika kita berada di lingkungan yang mengerdilkan kita, maka kerdillah kita.

Bakat dan kemampuan yang sama di lingkungan yang berbeda akan menghasilkan nilai yang berbeda pula. So, pastikan diri kita berada di lingkungan yang mendorong kita untuk memiliki nilai lebih. Berteman dan bergaullah dengan orang-orang positif, lalu lihat apa yang terjadi! :)
Baca juga:

Posting Komentar

1 Komentar

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    BalasHapus

SILAKAN TINGGALKAN KOMENTAR (◠‿◠)