Penulis yang Bukan Sekadar Menulis Cerita



Penulis yang Bukan Sekadar Menulis Cerita
 (Pengantar Buku SMS Terakhir oleh Mbak Reni Erina)

Seseorang tertarik untuk menulis karena ia gemar membaca. Apa yang dibaca sangat mempengaruhi tulisannya. Ketika ia gemar membaca novel-novel roman, maka tulisannya pun tak jauh dari jenis itu. Begitu juga ketika ia membaca buku-buku detektif,  komedi, dsb.  Sementara buku-buku lain berguna sebagai referensi untuk bahan tulisannya.  Membaca karya seseorang, kita bisa menilai dari mana dia belajar. Tidak mutlak, tetapi biasanya penulis terpengaruh dengan penulis idolanya.  Pun ketika saya membaca naskah Setiawan Chogah, seseorang yang mengirimi banyak karyanya ke email majalah yang saya asuh, untuk kali pertama. Saya merasakan betul napas seorang penulis di era 90-an.

Kultur pun mempengaruhi karya penulis yang berasal dari Sumatra Barat ini. “Batusangkar, Mbak,” kata Chogah pada saya.

Chogah—demikian saya biasa memanggilnya. Memiliki kekuatan penceritaan bergaya tanah melayu. Tidak sekuat penulis-penulis melayu, namun saya mendapati itu di karyanya yang berjudul Kiara, Berdejavu, dan Gadis Palasik. Namun dia sebagai penulis remaja, saya pernah menyarankannya untuk mencoba berbaur dengan gaya kekinian; cerpen remaja popular, agar tulisannya lebih berwarna dan bisa masuk ke segmen majalah remaja manapun.

Menulis, bukan sekadar menulis. Etika kepenulisan dan attitude serta personality sebagai seorang pencipta cerita, adalah faktor-faktor yang akan menguatkannya berkibar di dunia literasi. 

Dan Chogah; sahabatku, adikku dan penulis kebanggaanku, sudah membuktikannya. Karya-karyanya ‘padat’ dan indah. Dia bukan saja mengenalkan pembaca akan kultur daerah—kebanyakan dari mana dia berasal, tetapi juga menyuguhkan kekayaan ide dan kekuatan bermain imajinasi, dan juga tentunya kalimat-kalimati indahnya.  Senang sekali melihatnya melahirkan banyak cerita lewat karya-karya cerpennya yang memenuhi berbagai majalah remaja, dan kemudian menjadikannya tumbuh sebagai seseorang yang eksis dalam dunia menulis, bukan saja cerpen tetapi juga tulisan lainnya seperti liputan dan artikel.

Buku  ini adalah bukti eksistensinya dalam menulis cerpen.

Reni Erina
Managing Editor Story Teenlit Magazine


Sahabat pengin buku ini? 

Buku SMS Terakhir sudah beredar di toko buku. Atau bisa pesan langsung lewat penerbitnya @SheilaFiksi (Penerbit Andi, Yogyakarta) atau bisa juga lewat saya (+ tanda tangan ^____^) , silakan SMS/ WhatsApp ke 0821 1040 9641, ya! 





Baca juga:

Posting Komentar

0 Komentar