Senin, 21 November 2011

Gue Dapet Kerjaaaaaa

Setiawan Chogah
Gue Dapet Kerjaaaaaa

Huaaaa, hari ini gue hepi banget. Sumpah! Senengnya melebihi perasaan gue ketika cerpen gue dimuat di media. Gak tau kenapa, yang jelas rasanya 'sesuatu' banget. 

Mungkin gara-gara belakangan ini gue bertubi-tubi dirundung kisah sedih kali ya? Heheee. Tapi beneran, Sob. Kesedihan gue bulan ini kalo diakumulasiin kayaknya ngalahin gedenya gunung mount everest deh (bingung kan? Gue juga bingung!) Mulai Ujian Tengah Semester yang suram, laporan praktikum yang blacklist 2 kali, BB gue rusak, rekening hangus karena saldonya Rp 0,  printer gue yang rusak gak sembuh-sembuh, cerpen gue yang gak dimuat-muat, naskah gue ditolak penerbit, sampe tragedi kekalahan TimNas U23 tadi malam. Komplit!!! :(

Gue sempet ngalamin yang namanya putus asa. Gak tau lagi gimana caranya nyari tambahan pemasukan. Secara gue kuliah dibiayain sama paman gue. Ngarepin duit kiriman dari nyokab? Beuh! Sangat gak mungkin, Sob. Lagian gue juga gak tega. Nyokab juga kudu nanggung hidup dua orang adik gue yang masih kecil-kecil. Minta tambahan sama paman, rasanya muka gue udah tebel. Dia mau ngasih uanga saku 200 rebu per bulan aja gue udah bersyukur banget.

Dulu sih enak, gue produktif nulis dan muat di media. Tapi semenjak semester 7 ini jalan, gue berubah jadi makhluk yang super sibuk. Anjrit! Ya laporan praktikum 7 SKS-lah, ya laporan kerja praktek-lah, ya tugas mata kuliah. Capek badan dan capek hati (gara-gara gue gak ada passion di teknik). Kesibukan yang gak tau kapan berakhirnya itu membuat gue berangkat pagi pulang tengah malam, lebih sering nginep di kost-an temen. Alhasil, gak sempet lagi nulis, kalopun sempet, gue nge-blank gak ada ide. Yang ada di otak gue cuma istirahat, pegel, plus ngedumel :(

Tapi sempet juga sih beberapa kali gue mencoba bangkit. Memikirkan cara mendapatkan uang tambahan buat beli pulsa, isi modem, dan yang pasti tambahan jajan gue di kampus. Gue nyoba ngajuin naskah kumpulan cerpen gue ke penerbit. Tapi sejauh ini jawabannya selalu DITOLAK!!! Grrrr,

Lalu gue coba ngajuin CV ke beberapa penerbitan, ngelamar jadi freelance editor di penerbitan mereka. Dan jawabannya masih bikin gue sedih. Kami tidak menerima editor freelance! Heuheuheu. *pengen nangis*

Dengan suasana hati yang masih galau gara-gara tadi TimNas U23 kalah dan dompet gue yang kurus kerontang, iseng-iseng gue nge-check email. Siapa tau ada balasan mengenai nasib naskah gue yang udah ditolak oleh 7 penerbit *tepuk tangan*. Jreng..., ada satu email masuk. Gue klik..., balasan dari seorang pengelola website sastra di Bandung yang beberapa minggu lalu gue kirimin email. Tujuan gue kirim email gak lain adalah mengajukan permohonan kerja. Kan tadi gue udah bilang kalo rekening gue mati total, itu artinya gue butuh duit, alias butuh kerja (malu ciiiin, nadahin tangan ke paman, udah 22 tahun gini).

Dan lo tau apa balasannya? Ya pasti taulah, kan tagline postingan gue auranya positif gitu. Hehee. Yap! Dia memberikan kabar gembira atas kepedihan hidup yang tengah menghimpit gue (biar dramatis). Singkat cerita, sekarang gue diterima sebagai penulis tetap di website dia. Hiks, gue terharu, Men. Ternyata kekuatiran gue selama ini tentang nasib gue setelah lulus kuliah gak dapet kerja adalah 0 besar. Gue diterima kerjaaaaaaa. Hufff, rasanya pengen teriak.

Nah, bagi kalian yang merasa sedih karena lagi bokek, gak ada duit, coba deh sulap hobi kalian jadi sesuatu yang menghasilkan. Misalnya gue nih ya, kan hobi nulis, ya dapet rejekinya dari nulis. Kalian juga bisa kok, asalkan bakat dan hobinya selalu diasah, lalu ciptakan peluang itu. Gak apa-apa kok promosiin aja diri kalian, toh gak akan ngerugiin siapa-siapa, kan yang namanya rejeki datang setelah kita berusaha. 

^_*

Walantaka, 22 Nov 2011

About the Author

Setiawan Chogah / Author & Editor

Penulis buku "SMS Terakhir" | Corporate Communications Dompet Dhuafa Banten | Pemimpin Redaksi biem.co (Banten Muda Online) CP: +62 821 1040 9641

8 komen dari temen² gue:

  1. assalamualaikum..
    salam kenal, buku orang bunian uda yang punya ya?
    berati uda alumni smanac ya?

    BalasHapus
  2. atas ane nanya tuh orang bunian, ntar kalau gak di jawab lari penggemar mu chogah, haha

    "wa'alaikumsalam annisa f nati"
    saya cuma menyampaikan pesan dari chogah yang ia kadang sendiri suka lupa, haha

    BalasHapus
  3. @Annisak F Nati: Wassalam, Annisa. Hehee. Iya, saya Alumni SMANAC angkatan 2. :D

    BalasHapus
  4. @makdang:Hahaaaa, terima kasih Mak Dang, sudah mengingatkan :D

    BalasHapus
  5. adek ku juga alumni smanac, tau buku itu dari dia, baru baca buku itu langsung suka, paling suka yang tentang gadis berjilbab ungu (kalo gak salah) sama tentang orang gila itu, menyentuh banget, bacanya aja sampe mau nangis (serius) tapi sekarang buku itu dibawanya, karena di kuliah diluar kota (pilik sabananyo mah)
    #seneng bisa kenal

    BalasHapus
  6. @Setiawan Chogah:

    aku keren? sebelah mananya? hihi
    masih biasa-biasa aja aku sih. hehhee

    BalasHapus

Silakan dikomentari, Sob! : (◠‿◠)