(Tips) Biar gak Suka Ngutang

Banyak Hutang? Ooo Tidak Bisaaa…!!!
                           *Setiawan Chogah

            Sob, buat kamu yang sekolah ato kuliah di luar kota/ daerah, ngekost, jauh dari orang tua, ngandelin kiriman dari kampung, trus hobi belanja pula *jadi curhat gini ya?* hehehe, tips berikut kayaknya kudu dibaca deh. Biar kamu gak di-cap tukang ‘Ngutang’, Beuh! Gak Keren banget kan, Sob. Biar gak berlama-lama, langsung aja yuk, cekidoot!
1.   Buat Anggaran
Buatlah anggaran selama kurun waktu tertentu, pikirkan baik-baik bahwa kamu memang perlu untuk belanja barang-barang tersebut. Hindari membeli barang yang tidak begitu kamu perlukan.
2.   Bawa Uang Pas-pasan
Saat kamu jalan-jalan ke mall atau tempat-tempat tertentu, bawalah uang secukupnya aja. Hal ini bisa menghindari kamu untuk bertindak boros dan belanja ini-itu yang memang tak perlu.
3.   Tinggalkan Kartu ATM di Kost-an
Selain membawa uang pas-pasan, sebaiknya kamu meninggalkan kartu ATM kamu di rumah (Buat mahasiswa/ anak sekolahan perantauan, catet ya!). Bawalah sedikit uang persediaan yang tidak berlebihan. *Biar gak pusing lagi du bulan tua, *curhat lagi*
4.   Bergaul dengan Teman sederhana
Pernah denger pepatah “Berteman dengan tukang parfum, setidak-tidaknya kamu kecipratan wanginya, berteman dengan orang alim, setidak-tidaknya kamu fasih baca Basmallah”? *Iya juga sih*, Esensi dari pepatah ini  bukan berarti kita membatasi diri dalam hal pergaulan. Yang perlu kamu ingat adalah lingkungan pergaulan juga bisa merubah gaya hidup kamu. Jadi setidaknya kamu menyesuaikan diri sebaiknya bagaimana kamu bergaul.
5.   Rajin Menabung
Ini dia cara yang paling mujarab untuk menghindari hutang, dari awal kamu harus membiasakan diri kamu untuk menabung. Setidaknya tabungan ini bisa kamu ambil sewaktu-waktu jika memang butuh mendesak dan kamu tak perlu lagi untuk hutang. Kondisi urgent gini sering kali dihadapi oleh mahasiswa yang ngekost di luar kota, iya kaan? ^^

Nah, udah dapet pencerahan kan, Sob? Untuk sekarang sekian dulu tips dari saya. Tetep semangat ya! :) (*)

Baca juga:

Posting Komentar

0 Komentar