Kamis, 28 April 2011

MAU KEMANA SETELAH SMA atau SMK

Setiawan Chogah
Minggu yang lalu telah terlaksana Ujian Nasional untuk SMA/SMK. Ujian Nasional yang membuat mata tertuju ke sana dan juga sebuah harapan dari siswa, orangtua, dan juga guru akan sebuah keberhasilan siswa dalam Ujian Nasional. Setelah Ujian Nasional akan datang sebuah tantangan baru berupa kehidupan akan masa depan bagi siswa. Nah, bagi kamu-kamu yang telah selesai Ujian nasional ada beberapa tips untuk kemana kamu setelah lulus SMA/SMK, berikut panduan untuk memilihnya :
1.       Melanjutkan ke Perguruan Tinggi.
Bagi kamu-kamu yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi, memang sudah saatnya pemuda-pemudi Islam generasi penerus bangsa haruslah mempunyai cita-cita sebagai pembelajar. Sesuai dengan hadits yang berbunyi : “Utlubul ilma minal mahdi ilal lahdi.” Artinya yaitu : “Tuntutlah ilmu dari semenjak lahir hingga meninggal dunia.” Dalam hal melanjutkan ke Perguruan Tinggi kamu haruslah memilih sebuah Jurusan/program studi yang sesuai dengan karakter dan minat yang kamu miliki. Karena salah dalam memilih program studi/jurusan maka kamu akan gagal juga dalam menempuh pendidikan kamu sendiri. Sebaiknya sebelum kamu memilih dan menentukan jurusan kamu-kamu sudah mempunyai gambaran tentang minat dan karakter yang kamu miliki.

Saya mempunyai cerita sebagai berikut : Saat awal dalam SPMB (sekarang : SNMPTN) seorang teman Saya, katakanlah bernama A mengambil jurusan Kedokteran. Karena kegigihan dalam mengerjakan soal-soal SPMB, akhirnya A lulus dalam jurusan Kedokteran. Namun demikian, semester satu dijalani dan pada saat praktikum A tiba-tiba pingsan karena beliau phobi melihat darah. Alhasil, nilai nya pun kurang bagus. Akhirnya A memilih untuk mengambil jurusan/program studi Akuntansi pada SPMB tahun --> -->. Akhirnya dia lulus dan sukses dalam jurusan/program studi tersebut. Alhamdulillah A sekarang sudah bekerja pada instansi pemerintahan di Sumatera Barat. Nah, itu dia… kamu-kamu juga harus mengukur diri diiringi dengan melihat karakter dan minat yang kamu miliki. Agar kamu-kamu sukses dalam pendidikan di Perguruan Tinggi tersebut.
2.       Menikah dulu
Untuk pilihan ini adalah sebuah pilihan yang sudah matang tentunya. Karena kamu-kamu akan menjadi Suami jika kamu pria, dan Istri jika kamu wanita. Sebuah landasan dan modal bagi kamu untuk menjalani kehidupan keluarga nantinya.  Jalan keluarga adalah jalan yang harus sudah matang tentunya , bukan sebuah jalan karena kamu-kamu MBA (Married By Accident) . Naudzubillah min dzalik… Jadi, kamu sudah mempunyai modal untuk berkeluarga, baik dari segi nafkah keluarga, visi keluarga, dan juga misi dalam keluarga kamu nantinya.
3.       Langsung kerja
Pilihan terakhir ini adalah pilihan yang baik juga bagi kamu, namun Saya sendiri menyarankan agar kamu-kamu dapat melanjutkan pendidikan juga nantinya. Karena hadits yang berbunyi : “Utlubul Ilma Minal Mahdi Ilal Lahdi,” Nah, sambil kamu kerja menghasilkan nafkah maka kamu-kamu juga bisa untuk melanjutkan kuliah pad sore harinya. Ini juga banyak dilakukan oleh teman-teman saya.  Jadi, kamu-kamu sudah bisa membiayai kuliah kamu sendiri tanpa harus membebani Orangtua kamu.
Demikian tips untuk kamu-kamu yang mau kemana setelah SMA/SMK nantinya. Silakan mengambil pilihan . Semoga bermanfaat…
Sumber Annida

About the Author

Setiawan Chogah / Author & Editor

Penulis buku "SMS Terakhir" | Corporate Communications Dompet Dhuafa Banten | Pemimpin Redaksi biem.co (Banten Muda Online) CP: +62 821 1040 9641

0 komen dari temen² gue:

Posting Komentar

Silakan dikomentari, Sob! : (◠‿◠)