KEKUATAN KATA-KATA

Percaya nggak kalau kata-kata itu punya "kekuatan ajaib"? Kalau kita selalu ngomong, "Gue nggak bisa! Gue nggak pinter! Gue nggak cakep, gue penyakitan!" Dijamin deh... pasti kita beneran nggak bisa, nggak pinter, nggak cakep, dan terus jadi penyakitan.
Kata-kata memang punya kekuatan Sob, coba perhatikan mana kata-kata yang lebih memancarkan aura optimis:
1. Hal ini mungkin diwujudkan, tapi sulit!
2. Hal ini sulit diwujudkan, tapi mungkin!
Hanya mengganti posisi katanya saja sudah mengubah aura kalimat tersebut, yoi nggak? Kalimat pertama bikin lesu, kalimat kedua menunjukkan secercah harapan. Terasa bedanya?
Kalau memang kata-kata punya sedemikian kekuatan ajaib, harusnya kita membiasakan diri berkata-kata yang positif. Ketimbang bilang "Gue nggak punya uang alias miskin" gantilah jadi, "Gue belum ada uang alias belum kaya!" Ketimbang berprinsip, "Hidup adalah perjuangan!" coba diganti jadi "Hidup adalah kemenangan!" (soalnya kalau berjuang terus seumur hidup belum tentu menang tho, kalau menang sudah tentu hasil perjuangan).
Atau, daripada berdoa, "Yaa Allah... jadikan aku hamba yang pandai bersabaar!" Lebih baik diganti jadi "Yaa Allah... jadikan aku hamba yang pandai bersyukur!" (Bukankah kesabaran membutuhkan ujian demi ujian, sedangkan kesyukuran membutuhkan kenikmatan demi kenikmatan? Kita sebenarnya minta ujian atau kenikmatan siih?)
Begitulah, kita bisa mengatur hidup kita dengan mengatur kata-kata yang kita lontarkan, yang kita jadikan moto hidup, yang kita jadikan doa!
Harus percaya doong kata-kata yang baik akan memberi efek baik! Bukankah Al-Quran sendiri menerangkan dalam surat Ibrahim ayat ke 24 dan 25: "Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat."
Subhanallah, ternyata kata-kata yang baik pasti berbuah! So, selamat mengubah hidup jadi lebih baik dengan mengganti kata-kata yang lebih baik mulai dari sekarang!

Baca juga:

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Saya Percaya, karena kata adalah Doa, dan Doa pasti menjadi kenyataan, tuhan selalu mengabulkan Doa low, meski lama, makanya berikanlah kata positif pada dirimu dan dunia~

    BalasHapus

SILAKAN TINGGALKAN KOMENTAR (◠‿◠)